Sabtu, 20 April 2013

"PERHIMAP" HIMA PGSD UNIVERSITAS MULAWARMAN

Selamat Ulang Tahun Untuk HIMA PGSD Yang Ke-IV. Semoga Makin Jaya Dan Makin Luar Biasa Dalam Semua Aktivitas-Aktivitas Postifnya.

Dalam Rangka Merayakan Milad HIMA PGSD Yang Ke-IV, HIMA PGSD Mempersembahkan...... Jeng Jenggggg......

---PERHIMAP---
Perayaan Hari Ulang Tahun HIMA PGSD Menyajikan
-Lomba Futsal Putri
-Lomba Tenis Meja
-Lomba Bola Bakar
-Lomba Membaca Puisi
-Lomba Menulis Cerpen
-Lomba Mendongeng
-Solo Vocal
-Vocal Group
-Tari Tradisional
Pelaksanaan: Jum'at s/d Sabtu, 26-28 April 2013

BERIKUT URAIAN LENGKAPNYA:
A. LOMBA FUTSAL PUTRI
Jumlah pemain (per tim) Futsal
 • Jumlah pemain maksimal untuk memulai pertandingan: 5, salah satunya penjaga gawang
 • Jumlah pemain minimal untuk mengakhiri pertandingan: 2 (tidak termasuk cedera)
 • Jumlah pemain cadangan maksimal: 7
 • Jumlah wasit: 2
 • Jumlah hakim garis: 0
 • Batas jumlah pergantian pemain: tak terbatas
 • Metode pergantian: "pergantian melayang" (semua pemain kecuali penjaga gawang boleh memasuki dan meninggalkan lapangan kapan saja; pergantian penjaga gawang hanya dapat dilakukan jika bola tak sedang dimainkan dan dengan persetujuan wasit)
 • Dan wasit pun tidak boleh menginjak arena lapangan , hanya boleh di luar garis lapangan saja , terkecuali jika ada pelanggaran-pelanggaran yang harus memasuki lapangan

 Lama permainan Futsal
 • Lama normal: 2x10 menit
 • Lama istiharat: 5 menit
 • Lama perpanjangan waktu: 2x5 menit (bila hasil masih imbang setelah 2x20 menit waktu normal)
 • Ada adu penalti (maksimal 5 gol) jika jumlah gol kedua tim seri saat perpanjangan waktu selesai
 • Time-out: 1 per tim per babak; tak ada dalam waktu tambahan
 • Waktu pergantian babak: maksimal 5 menit

B. LOMBA TENIS MEJA

 Peraturan khusus bermain TENIS MEJA sebagai berikut:
1.      Memukul bola dilakukan dari belakang garis akhir/ujung meja (bidang meja sendiri).
2.      Bola harus terletak di atas telapak tangan yang terbuka (4 jari rapat dan ibu jari terbuka).
Jadi bola itu tidak boleh dijepit atau dikepal.
3.      Pada waktu akan memukul bola, bola itu harus dilambungkan dahulu baru dipukul.
4.      Bola yang dipukul harus jatuh dulu pada bidang meja sendiri baru jatuh ke bidang meja lawan dengan melalui set/jala/jaring.
5.      Bola yang dipukul pada waktu servis kemudian menyentuh net dan masuk pada bidang meja lawan harus diulang.
6.      Servis untuk double harus dilakukan di sebelah kanan serta jatuhnya bola ke bidang meja lawan harus diagonal/silang.
7.      Bola out/keluar tidak boleh ditahan atau dipegang.
8.      Pada permainan double, kedua pemain mengembalikan bola berganti-ganti.

 Urutan servis untuk double :
 1. Pemain A1 memukul diterima oleh B1
 2. Pemain B1 memukul diterima oleh A2
 3. Pemain A2 memukul diterima oleh B2
 4. Pemain B2 memukul diterima oleh A1
 5. Begitulah seterusnya saling berganti.
  
Cara mendapatkan nilai (score):
Seorang pemain akan mendapatkan satu angka bila ia melakukan servis dengan baik atau mengembalikan bola dengan baik, sedangkan lawannya tidak dapat menerimanya atau mengembalikannya dengan baik, (misalnya bola keluar atau perkenaannya tidak sah).
 a) Pemain kehilangan nilai
1.      Ia gagal membuat servis yang sempurna.
2.      Lawan membuat servis yang sempurna atau mengembalikan bola dengan sempurna, tetapi ia
tidak berhasil mengembalikannya dengan sempurna.
3.      Jika bat/pemukulnya atau apa saja yang menyentuh net atau tiang net pada waktu bola di dalam permainan (in play).
4.      Jika bat/pemukul atau apa saja yang dipakai atau dibawanya menggerakkan bidang permainan (meja) pada waktu bola dalam permainan (in play).
5.      Jika tangan bebasnya menyentuh bidang permainan/meja pada waktu bola dalam permainan.

 b) Perhitungan nilai (point)
1.      Setiap game di menangkan oleh pemain atau pasangan lawan.
2.      Setiap game di menangkan oleh pemain atau pasangan yang telah terdahulu mencapai nilai (21) kecuali bila terjadi duece.
3.      Bila kedua belah pihak mencapai nilai sama,misalnya 20 lawan 20 ( duece)maka yang menag adalah yang terdahulu dapat melebihi 2 angka.
4.      Di dalam duece perpindahan bola di lakukan setelah mencapai nilai ataupun tidak,tetapi bola harus pindah/berganti.

C. LOMBA BOLA BAKAR

 Peraturan Bola Bakar:
1.      Jumlah pemain :untuk tiap regunya terdiri dari 8 orang pemaian dengan 3 orang sebagai cadangan.salah satu seorang di jadikan kapten regu.

 Jalannya permaianan:
1.      Pemukul : setiap Pemukul mempunyai kesempatan memukul 3 kali.Pukulan dinyatakan betul jika telah melewati garis dan muka dan jatuh di dalam garis salah dan perpanjangannya.setelah melakukan pemukul harus meletakkan tongkatnya di tempat semula jangan sampai kayu pemukul keluar terhindar garis kemudian pemukul berlari ketiang dan hinggap dan didalam satu tiang tidak di perboleh kan pemain berkumpul lebih dari 3 orang karena dapat di katakan pemain tersebut di bakar atau ada pergantian permainan.setiap pemain dapat di matikan sebanyak 10 kali.
2.      Penjaga :berusaha mematikan lawan baik dengan membanting bola ke tong pembakar maupun dengan menangkap bola .
3.      Pergantian tempat : Maksudnya adalah berganti tugas pemukul yang berubah menjadi penjaga karena suatu sebab yaitu: telah terjadi tangkap bola sebanyak 5-10 kali tergantung kesepakatan sebelum pertandingan.Telah terjadi mati sebanyak 10 kali.Di dalam ruang bebas sudah tidak ada satu pun pemain dari regu pemukul maupun pelambung.
4.      Kesalahan atau mati yang di catat wasit: Tindakan pemukul yang dinyatakan mati oleh wasit adalah kesalahan memukul sebanyak 3 kali.meletakkan kayu pemukul tidak pada tempatnya ,dan pada saat berlari pemain tidak menyentuh tiang hinggap yang di laluinya.pemain menggangu bola.dan yang terakhir adalah pembakar telah memukulkan bola ke tong pembakar.
5.      Nilai: seorang akan mendapatkan nilai/skor jika memenuhi kriteria sbb:
a.       seorang pelari akan mendapat nilai 2 jika pelari tersebut dapat memukul bola dan di di nyatakan sah dan berlari ketiang-tiang hinggap serta kembali ke ruang bebas dengan pikulannya sendiri dan tidak melakukan kesalahan dalam larinya.atau home run.
b.      seorang pemain yang melakukan pukulan sah dan berlari ke tiang hinggap berhenti di sana untuk menunggu giliran pukulan berikutnya tiba dan berlari kembali jika pukulan berikutnya dinytakan sah dan kembali tanpa melakukan kesalahan maka orang tersebut mendapat nilai 1.
c.       seorang di beri nilai 0 jika tidak melakukan hal-hal yang di atas.
6.      Bunyi  pluit (untuk wasit):untuk menyamakan asumsi dalam permaianan antara wasit dan pemain maka harus di buat kesepakatan menggunakan kode/isyarat berupa tiupan pluit yang di gunakan oleh wasit.Adapun macam dan jenis pluit yang di bunyikan adalah sebagai berikut:
a.       pluit pendek sebanyak satu kali di maksudkan jika pembakar telah membakar papan penghangus ( sebagai tanda jika papan yang di gunaka sekiranya tidak bisa di dengar oleh pemain.)
b.      pendek sebanyak 2 kali jika pukulan salah.
c.       tiupan panjang 3 kali adalah pada saat permulaan pertandingan,akhir pertandingan,dan pertukaran tempat.


D. LOMBA MEMBACA PUISI, MENULIS CERPEN DAN MENDONGENG
Peserta:  1 Orang PerKelas (13 Kelas)

Tema :Pendidikan Indonesia SaatIni (Puisi&Cerpen)
Tema :Binatang (Dongeng)
Judul:
1.          KancildanBuaya                  3.  MonyetdanAyam
2.         Kelincidan Kura-Kura          4.   KatakdanKera


E. LOMBA SOLO VOCAL, VOCAL GRUP DAN TARI TRADISONAL
Vocal Group:

1.     LaguWajib: TotalitasPerjuangan

2.    LaguBebas

3.    PakaianPeserta: BebasPantas

4.   InstrumenMusik: MembawaSendiri (Perkelompok)

5.    1 Group (PerwakilanKelas)

6.   Peserta: 5-7 Orang (1 group)



Solo Vocal:

            1.     1 Orang Peserta (PerwakilanKelas)- 13 Kelas

            2.    LaguWajib: Sungai Mahakam

            3.    LaguBebas

            4.   Musik/ Lagu: Dalam File/Fd.


TariTradisional:

1.    Terdiridari 3-6 Orang (perkelompok) 1 KelompokPerwakilanKelas

2.   Kostum : Kekompakkan

3.   Musik/ LaguTradisional: File/Fd.


KONTRIBUSI : Rp 50.000,- /Kelas



Catatan:

Diharapkan kepada seluruh peserta agar dapat hadir pada Tecnikal Meeting untuk mengambil nomor peserta dan mendapat info lebih lanju ttentang lomba.


JADWAL PERLOMBAAN

Hari,Tgl
Waktu
KEGIATAN
TEMPAT
Jum’at
26
April
2013
07.30 - 08.00
Registrasi
Aula Banggeris
Pengambilan No. Peserta
08.00 – 08.10
1.    Pembukaan
Aula Banggeris

08.10 – 08.20
2.    Tilawah
08.20 – 08.30
3.    Doa

08.30 – 09.30


4.    Sambutan-sambutan
·      Ketupat
·      Ketua HIMA PGSD
·      Ketua Prodi PGSD 

5.   Lomba-Lomba: H 1

09.30 – 11.45
·      MembacaPuisi
Aula Banggeris
·      MembuatCerpen
Lab/ kelas PGSD
11.45– 13.10
6.  Ishoma

13.10 – 15.00
·      Mendongeng
Aula Banggeris
15.00 – 17.15
·      Futsal Putri (BabakPenyisihan)
Lapangan
·      TenisMeja

Sabtu,
27
April
2013

7.   Lomba- Lomba: H 2

Lapangan
08.00 – 10.45
·      Futsal Putri (Lanjutan) Semi Final + Final
·      TenisMeja (Lanjutan)
10.45 – 11.00
·      Istirahat (15 menit)

Lapangan
11.00 – 12.00
·    Bola Bakar (Penyisihan)
12.00 – 13.00
8.  Ishoma

13.00 – 15.00
·    Lomba Bola Bakar (Lanjutan) Semi Final + Final
Lapangan




Minggu,
28
April
2013
07.30-08.00
Registrasi

Aula Banggeris


Pengambilan No. Peserta

9. Lomba-Lomba: H 3
08.00 – 11.15
·      Vocal Group
11.15 – 12.00
·      TariTradisional
12.00 – 13.00
10. Ishoma
13.00 – 14.00
·      TariTradisional (Lanjutan)
14.00 – 17.00
·      Solo Vocal
17.00 – 17.30
11. PembagianHadiahPemenangLomba
17.30 – 17.45
12. PenyerahanCindera Mata Juri&Wasit
17.45 - 18.00
13. Doa + Penutup


Tidak ada komentar:

Posting Komentar